Skip to main content

Memulai 2018


Errr, a year passed already?

Seperti biasa, setiap awal dan akhir tahun saya selalu melakukan refleksi akhir tahun dan menulis resolusi di tahun yang baru. Kalau kata orang-orang, “Ah percuma, paling bulan depan udah lupa dengan resolusi awal tahunnya lagi!” Oh well, menulis resolusi adalah satu-satunya cara saya keeping track dengan hidup saya. Jika tercapai, bisa membuat saya semangat karena telah mengalahkan diri sendiri. Jika belum tercapai, bisa menjadi bahan evaluasi saya untuk tahun berikutnya.
Nah kalau sebelumnya tiap poin refleksi & resolusi saya scattered banget, di 2017 kemarin saya diajarkan untuk membagi hidup jadi 4 aspek. Jadi sekarang saya mau mencoba berefleksi dan membuat resolusi di keempat aspek tersebut.

HIGHLIGHTS OF MY 2017

HEALTH

Yeay, akhirnya saya berhasil jaga porsi makan!
Di 2016 tuh rasanya badan saya lebar banget. Nah di 2017 ini senang sekali dibilang kurusan oleh banyak orang. Saya engga ada program diet atau semacamnya, hanya mengurangi porsi nasi dan mengusahakan rutin makan buah atau sayur setiap hari. Saya semacam baru sadar bahwa kunci dari rasa kenyang itu adalah makan pelan-pelan. Mindful eating lah ya bahasa kerennya.

Belum berhasil untuk masak sendiri
Iyah, 2017 ini terlalu malas untuk belajar masak. Ampun.

Sehat Wal Afiat
Saya lemah tapi jarang sakit parah. Setelah diingat-ingat, saya cuti sakit kayanya cuma 3 hari di tahun ini. Sepertinya semua berkat rutin pijet setiap bulan. Tapiii, di akhir tahun saya malah terserang penyakit engga elit: DISENTRI!
Pernah denger engga disentri engga sih? Ini penyakit banyak disebut di buku pelajaran SD. Iyak betul, disentri tuh diare parah yang dalam feses kamu terkandung eritrosit & leukosit (#eufemisme abis). Gak tanggung-tanggung, hampir 3 minggu saya kena disentri. Padahal udah menjelang libur akhir tahun. Penyebabnya apa? YAK BETUL, MAKANAN GAK HIGIENIS! Jadi mulai bulan lalu, saya sudah divonis tidak bisa lagi makan makanan kaki lima. BYE BYE SATE AYAM, MARTABAK, GADO-GADO, KETOPRAK, DKK!

LOVE

A little improvement on spending time with family
Belum rata sih. Tapi kayanya tahun ini sedikit banyak udah memulai ikutan jalan-jalan sama Ayah dan adik. Yet 2017 was about introducing each other family. Man, I surely need a notebook to memorize names.

BFF life
I keep my closest circle very small. Setelah dihitung-hitung, I only have 2 cliques. Dan makin susah untuk ketemu lengkap. Harus janjian jauh-jauh hari, unlike those old days.

Life partner
Best part of my 2017 #blessed.

FUN

Makassar-Toraja Trip!
Akhirnya yang kuimpi-impikan setelah 3 tahun lamanya kesampaian jugaaa! Senang banget banget bisa belajar adat Toraja dan makan enak di Makassar. (Foto lengkap perjalanannya sedang disusun di Album Facebook yah)

Volunteering
I take my concern about youth seriously. Tahun ini banyak menghabiskan weekend untuk ikutan workshop & bikin kegiatan bareng orang-orang keren. Limitless Campus played a big role in my 2017. Sempat disibukkan keroyokan bikin College to Career workshop. Bantu-bantu sedikit untuk kegiatan Pancasila di proyekan teman & tante. Ah seru banget sih. I feel fulfilled.

WORK

Career confusion
I might look like ‘I know everything career and how to handle my own career life’. But believe me, I don’t. 2017 gave me the lowest point in my career life. A year where I completely doubt myself about everything. Feel useless, worthless, ruined, no hope. I was about to take a completely different path, but I changed my mind in the very last minute. Six months crying my heart out almost every night. Worst feeling ever.
At the end of the day,  I found myself people I can rely the most when I’m having life problems. It’s getting better each and every day.

Conduct several trainings & workshop
Satu-satunya hal yang membuat saya bahagia masih sama, mengajar. Senang banget di tahun 2017 masih diberi beberapa kesempatan ‘manggung’. Desain kelas training, isi workshop-workshop singkat, isi seminar, oh so self-fulfilling.
Paling terharu saat diajak sharing di workshop tentang Personal Branding barengan Mbak Vera Makki & Qaedi. OMG, these two people is so awesome dengan karyanya masing-masing. Da aku mah apa atuh. I feel very honoured because back in 2014, someone told me I need to work hard on my personal brand. Isn’t it mean, I do improving a bit, right?

Pesta Pendidikan
Ini nih yang paling inspiresyenel. Selama ini saya selalu bilang tertarik dengan dunia pendidikan, tapi engga pernah tahu ada apa dan siapa di dalamnya. Nah hampir setengah tahun saya dicemplungin ke dunia pendidikan dengan tugas menjaring komunitas-komunitas pendidikan di 5 kota di Indonesia. Gosh, ternyata ada ratusan komunitas super keren & kreatif yang passionate banget di pendidikan. Semacam tertampar ‘GUE UDAH NGAPAIN AJA SELAMA INI???’.

Financial Thingy
Alhamdulillah bisa mencapai jumlah tabungan yang ditargetkan di akhir tahun ini. Sho happy.

What a year ya. Saya belajar banyak banget hal di 2017. 

---

Maka dari itu, resolusi saya di tahun 2018 ini adalah…

HEALTH

Memulai menerapkan meal plan Engga mau lagi deh kena disentri karena jajan sembarangan. Harus mulai rajin bawa bekal dari rumah yang dimasak sendiri biar perut tidak memberontak.

Sering jalan kaki Yaa minimal kalo weekend lebih sering naik kendaraan umum dan jalan kaki deh.

LOVE

Family time I do really need to spend some travelling time with family. At least once a year.

BFF life Ketemu muka udah sangat susah, tapi yaah saya akan berusaha keep in touch to know what’s going on with their life. At least via chat.

Life partner Realizing our plan this year.

FUN

Travelling Time Keep on doing one city every 6 month. And plan to visit some good old friends.

Volunteering Ikutan kelas inspirasi!
Dan ingin sekali menghidupkan College to Career lagi.

Blogging Oke, kuakui ternyata saya tidak secinta itu dengan menulis panjang seperti di blog begini. Let’s try another platform to share stories. Instagram, maybe?

WORK

Lanjut sekolah Berencana untuk serius cari beasiswa sebelum Juli 2018 agar bisa kuliah lagi di Januari 2019. Wiz me lux!

Ambil Sertifikasi Saya merasa tahun lalu banyak diajakin mengajar padahal skill saya masih gini gini aja. I need to step up my game.

Financial Thingy At this point, sepertinya harus mulai punya deposito. Better late than never kan ya.

---


Sooo much things to do this 2018. I wish we are all get the best in life guys!

Comments

Post a Comment

Passerby's Favorites