Saturday, May 14, 2016

Sudah Sarjana, Lalu Apa?

Keika menulis ini, lagi-lagi saya sedang di fase jenuh skripsi memikirkan rencana hidup.
Sebentar lagi saya memasuki umur 22 dan akan diwisuda. Dulu sih, rasanya gak sabar untuk segera lepas dari dunia perkuliahan. Akhirnya bisa bebas dari tugas-tugas tidak manusiawi dan dosen-dosen pelit nilai. Akhirnya bisa punya uang sendiri dan hura-hura setiap hari.

Tapi obrolan dengan seorang teman mengubah perspektif saya.

"Kuliah tuh enak, Min. Udah jelas tiap semester lo mau ngapain aja. 
Udah jelas bahwa tujuan akhirnya adalah lulus.
Kalau udah kerja tuh, enggak ada semester-semesteran. 
Tujuan akhir? Pft, bagi bos lo sih, kalau bisa lo kerja tiada akhir."

Then I got stunned.
Iya juga ya, selama ini saya disuapi tujuan hidup. Selesai SD, harus masuk SMP bagus. Selesai SMP, harus masuk SMA bagus. Selesai SMA, harus masuk UI dan lulus maksimal dalam 5 tahun. Selesai kuliah, terus kerja deh!
Sudah.

Come to think of it, getting a job is NOT a goal.
Your first job is just a beginning of something that you want to achieve in your life.
Now the question is:
'What do I really want to achieve in life?'

Since then, I keep searching for the answer. I took a career class, some opportunities outside campus, even a coaching session. Saya mengobrol dengan banyak orang, meminta pendapat mereka akan rencana seperti apa yang harus saya buat setelah lulus kuliah.



"Jadi sekarang lo udah tau mau ngapain, Min?" 
Yep, and I'm currently making a life plan, still a blurry one but not as blurry as 3-years-ago Jasmine. Well, I have 3 months before I officially graduate.

"So, I guess you are not that anxious anymore, yes?"
I AM STILL ANXIOUS! Yaa tapi gak terlalu banyak sih, BUT STILL!
I often tweet about this on my twitter. Then a friend send me a video.

Iya, si Mas Gary emang kalo ngomong suka kelewat semangat gitu.

But anyway, I found this video 'menenangkan hati'.

Yes, life would be hard. 
But this 5 years ahead will be the only time you can do what you always want to do.
Stop being a 'Once I...' kind of people.
Go take a risk.

No comments:

Post a Comment